Dimensi Kompetensi Pedgogik

Dimensi Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik mencakup beberapa dimensi, seperti: pemahaman wawasan dan landasan pendidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum/ silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi dirinya (Samani, 2010: 45).

a.       Pemahaman Wawasan dan Landasan Pendidikan

Guru berperan penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan,
terlebih dahulu guru harus mengetahui dan memahami wawasan dan landasan kependidikan sebagai pengetahuan dasar.  Pengetahuan dasar mengenai wawasan dan landasan kependidikan ini dapat diperoleh ketika masih duduk dibangku kuliah pendidikan keguruan di perguruan tinggi, sehingga
memiliki keahlian secara akademik dan intelektual. Guru memiliki kesesuaian antara latar belakang ilmu yang dimiliki dengan subjek yang dibina. Guru pun harus memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam penyelenggaraan pembelajaran di kelas.

 

b.      Pemahaman Terhadap Peserta Didik.

Guru mempunyai kemampuan dalam pemahaman terhadap peserta didik, dalam beberapa hal seperti tingkat kecerdasan, kreativitas, cacat fisik, dan perkembangan kognitif.   

c.       Pengembangan Kurikulum/ Silabus

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pembelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Sedangkan silabus adalah seperangkat rencana dan pengaturan untuk membantu mengembangkan seluruh potensi yang meliputi kemampuan fisik, intelektual, emosional, dan moral agama. Dalam proses belajar mengajar, kemampuan guru mengembangkan
kurikulum/ silabus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, sehingga  pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan menyenangkan, serta menyesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah maupun lingkungan sekolah.

d.      Perancangan Pembelajaran

Ada tiga hal yang mencakup perancangan pembelajaran yaitu identifikasi kebutuhan, perumusan kompetensi dasar, dan penyusunan program pembelajaran.

e.       Pelaksanaan Pembelajaran yang Mendidik

Proses interaksi yang baik antara peserta didik dengan guru maupun lingkungan mencerminkan pembelajaran berjalan baik, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Dalam interaksi banyak faktor yang mempengaruhi baik faktor eksternal maupun faktor internal. Dalam pembelajaran, tugas guru adalah mengkondisikan situasi, kondisi, dan lingkungan agar dapat menunjang pembentukan perubahan perilaku kompetensi peserta didik.

f.       Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran

Dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa dampak dalam berbagai bidang kehidupan. Dalam bidang pendidikan, salah satu cara untuk mengefektifkan atau memudahkan kegiatan belajar mengajar adalah dengan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran sebagai fasilitas penunjang dalam pembelajaran, sebagai sarana pendukung untuk memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran, memudahkan penyajian data, informasi, dan materi pembelajaran.

g.      Evaluasi Hasil Belajar

Evaluasi hasil belajar dilakukan untuk mengetahui perubahan dan pembentukan kompetensi peserta didik, yang dapat dilakukan dengan penilaian kelas, tes kemampuan dasar penilaian akhir satuan pendidikan dan sertifikasi, serta penilaian program.

h.      Pengembangan Peserta Didik Untuk Mengaktualisasikan Potensi Dirinya

Pada umumnya potensi diri yang dimiliki siswa berbeda satu dengan yang lain. Guru memiliki kemampuan untuk pengembangan peserta didik dalam mengembangkan dan mengaktualisasikan potensi diri setiap peserta didik. Cara-cara yang dapat dilakukan adalah kegiatan ekstra kurikuler, pengayaan dan remidial, serta bimbingan dan konseling.

About these ads

Posted on 23 April 2013, in Education Corner. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: