Unsur-unsur Kompetensi Pedagogik

Unsur-Unsur Kompetensi Pedagogik

Ada empat unsur dalam kopetensi pedagogik seperti dikemukakan oleh Agung (2012: 81), yang perlu diperhatikan, yaitu: pengelolaan pembelajaran, pengembangan strategi pembelajaran, pengembangan diri secara berkelanjutan, dan pemanfaatan dan refleksi terhadap hasil kerja.

a.       Pengelolaan Pembelajaran

Pengelolaan pembelajaran meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Kegiatan perencanaan dilakukan guru sebelum melakukan pembelajaran (mengajar) di kelas. Pelaksanaan merupakan kegiatan proses belajar mengajar di kelas, interaksi antara guru dengan siswa, sedangkan penilaian merupakan kegaiatan akhir guru untuk mengevaluasi hasil belajar siswa (peserta didik).  Guru dapat menilai hasil belajar siswa baik secara individu maupun keseluruhan siswa.

b.      Pengembangan Strategi Pembelajaran

Berbagai jenis strategi pembelajaran perlu dikuasai oleh guru. Oleh karena itu, penguasaan dan pengembangan strategi pembelajaran bagi guru sebagai suatu kemampuan yang dimiliki guru.

c.       Pengembangan Diri Secara Berkelanjutan

Tujuan dari pengembangan diri secara berkelanjuatn bagi seorang guru adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan profesional kerja. Pengembangan diri bagi guru ini dilakukan secara terus-menerus, sehingga pengetahuan, kemampuan, dan profesional kerja semakin berkembang dan memadai.

d.      Pemanfaatan dan Refleksi Terhadap Hasil Kerja.

Pemanfaatan dan refleksi hasil kerja berhubungan dengan kegiatan evaluasi yang dilakukan guru untuk menilai hasil belajar sisiwa. Melalui evaluasi, guru dapat mengetahui penguasaan dan penyerapan terhadap bahan/ materi pelajaran, sehingga dapat menentukan langkah selanjutnya yang diperlukan. Evaluasi tidak hanya bermanfaat untuk menilai pencapaian hasil belajar siswa, tetapi juga sebagai bahan refleksi bagi guru untuk menentukan tindakan atau langkah-langkah perbaikan yang diperlukan dalam pembelajaran.

About these ads

Posted on 23 April 2013, in Education Corner. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: