Tugas Bahasa Indonesia, Piramida terbalik dan Pengembangan dalam Karangan

Piramida Terbalik

Hidup

Kehidupan Manusia

Dinamika/ Sisi Hidup Manusia

Positif

Bahagia

Cara Menemukan

 Kebahagiaan Hidup

Dalam Kehidupan

 Sehari-hari

Kerangka Karangan:

Judul Karangan: Cara Menemukan Kebahagiaan Hidup Dalam Kehidupan  Sehari-hari1.     

1. Pendahuluan

2.      Cara Menemukan Kebahagiaan Hidup Dalam Kehidupan Sehari-hari

2.1  Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebahagiaan Hidup  

2.2  Tips Untuk Hidup Menjadi Lebih Bahagia Dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Jangan Takut dan Khawatir
  2. Jangan Pernah Menyimpan Dendam
  3. Fokus Pada Satu Masalah
  4. Jangan Membawa Tidur Masalah Anda
  5. Jangan Mengambil Masalah Orang Lain Untuk Anda Selesaikan
  6. Jangan Hidup di Masa Lalu
  7. Jadilah Pendengar yang Baik
  8. Jangan Biarkan Frustasi Mengatur dan Bahkan Mengacaukan Hidup Anda
  9. Bersyukurlah Selalu

2.3  Cara-Cara Untuk Memperoleh Kebahagiaan Hidup

  1. Menerima Kenyataan
  2. Lebih Realistis
  3. Kebahagiaan Tidak Diukur Secara Materi
  4. Yakinlah, Anda bahagia
  5. Tentukan Target
  6. Cari Motivator dan Penyemangat
  7. Berada di Tengah Orang-Orang yang Menyenangkan
  8. Lupakan Masa Lalu
  9. Syukuri Hal-Hal Kecil
  10. Cintai Diri Sendiri

3.      Penutup

Tugas Kelompok I

Tema Umum

Mata Kuliah              : Bahasa Indonesia

Dosen Pengasuh        : Dra. Hj. Nurbaya, M. Pd

 

CARA MENEMUKAN KEBAHAGIAAN HIDUP

DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

  1. 1.      Pendahuluan

Riyanto (2010:5) mengemukakan pandangan tentang keadaan kehidupan manusia di zaman ini, ia mengatakan bahwa:

Di zaman ini dapat dipahami bila semakin banyak orang sering bertanya-tanya benarkah dirinya dicintai oleh Tuhan. Betapa banyak penderitaan yang melanda banyak orang di dunia ini akibat peperangan, kejahatan kriminal, persaingan bebas, tindak aborsi, kesewenang-wenangan, penindasan, dan lain-lain. Stress menimpa orang-orang modern. Sikap acuh menggerogoti rasa sosial anggota masyarakat.

Dalam kehidupan sehari-hari, keadaan-keadaan tersebut di atas sering kita mendengarkan dan menyaksikan. Kita dapat memperoleh dan mengetahui dengan cepat. Melalui media-media massa baik elektronik maupun cetak kita dapat mengaksesnya.  Melalui pengalaman atau peristiwa hidup yang kita alami sendiri atau cerita dan pengalaman hidup orang lain. Semuanya terjadi dan berjalan bersamaan dengan perjalanan hidup seseorang.

Setiap orang mendambakan hidup bahagia dalam hidupnya setiap hari. Hidup bahagia adalah hidup yang menyenangkan, hidup yang menggembirakan yang dialami dan dirasakan oleh seseorang. Hidup bahagia yang dirasakan dan dialami oleh seseorang merupakan anugerah dari Tuhan. Hidup bahagia dirasakan dan dialami oleh seseorang baik secara lahiriah maupun batiniah. Secara lahiriah mencakup hal-hal yang kelihatan, sedangkan batiniah lebih mengarah pada sikap mental seseorang. Keduanya harus berjalan seimbang.

Berdasarkan uraian di atas, maka dalam tulisan ini menguraikan tentang Cara menemukan kebahagiaan hidup dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong seseorang merasa bahagia dalam hidupnya, tips untuk hidup lebih bahagia dalam hidup setiap hari, dan cara-cara untuk memperoleh kebahagiaan.

  1. 2.      Cara Menemukan Kebahagiaan Hidup Dalam Kehidupan Sehari-hari.

Dalam tulisan ini membahas tentang faktor-faktor yang menyebabkan seseorang menjadi bahagia, tips untuk menemukan kebahagiaan hidup dalam kehidupan sehari-hari, dan cara-cara untuk memperoleh kebahagiaan hidup.

2.1  Faktor-Faktor yang Menyebabkan Kebahagiaan Hidup Seseorang

 

Menurut penulis ada dua faktor yang menyebabkan kebahagiaan hidup seseorang yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah hal-hal yang berkaitan dengan diri pribadi seseorang. Faktor ini bersumber dari dalam diri seseorang yang mempengaruhi dalam hidupnya. Sedangkan faktor eksternal adalah hal-hal yang berhubungan dari luar diri seseorang yang turut mempengaruhi hidup seseorang untuk menjadi bahagia.

Antara faktor internal dan faktor eksternal yang lebih berpengaruh  menentukan kebahagiaan hidup seseorang adalah faktor internal. Faktor internal berhubungan dengan keadaan batin seseorang, kecerdasan yang dimiliki baik intelektual maupun emosional. Faktor eksternal seperti lingkungan sekitar, orang lain, dan keadaan serta situasi sekitar kehidupan yang dialami turut mempengaruhi keadaan suasana batin dan perasaan seseorang. Hal-hal yang berasal dari luar akan diterima ke dalam diri dengan pikiran sehingga dapat menentukan perasaan seseorang.

2.2  Tips untuk menemukan kebahagiaan hidup dalam kehidupan sehari-hari

Dalam blog Aku Ingin Sukses, Admin menuliskan tentang tips untuk menjadi bahagia dalam kehidupan sehari-hari, seperti  jangan takut dan khawatir, jangan pernah menyimpan dendam, fokus pada satu masalah, jangan membawa tidur masalah anda, jangan mengambil masalah orang lain untuk anda selesaikan, jangan hidup di masa lalu, jadilah pendengar yang baik, jangan biarkan frustasi mengatur dan bahkan mengacaukan hidup anda, dan bersyukurlah selalu.

  1. Jangan Takut dan Khawatir

Rasa takut dan khawatir dapat timbul karena pikiran. Memikirkan tentang sesuatu membuat kita takut dan khawatir dapat menghambat hidup kita. Hal-hal yang dipikirkan dan membuat kita takut serta khawatir umumnya tidak akan terjadi.

  1. Jangan Pernah Menyimpan Dendam

Setiap orang tidak luput dari kesalahan. Kita pasti mengalami orang yang menyakiti kita. Hal yang perlu dihindarkan adalah menyimpan dendam. Kita harus memberi maaf kepada orang yang melukai kita. “…kalau kita ingin bahagia, hal terpenting yang harus kita lakukan adalah menerima setiap hal yang terjadi dengan sebuah keikhlasan dan memaafkan setiap orang yang telah melukai hati kita” (Chan & Saulina, 2009:61).

  1. Fokus Pada Satu Masalah

Dalam menjalani hidup ini, seseorang akan menghadapi masalah. Masalah itu merupakan bagian dari dinamika hidup, kadang menghadapi beberapa masalah. Masalah-masalah itu dapat diselesaikan satu per satu. Apabila terpikirkan menyelesaikan masalah-masalah itu sekaligus, berusahalah untuk mengatasi dan mencari jalan keluar yang baik karena akan menambah beban hidup bagi kita.

  1. Jangan Membawa Tidur Masalah Anda

Menghindarkan diri untuk membawa masalah yang dihadapi dalam istirahat anda. Pada waktu tidur kita akan membutuhkan ketenangan untuk pemulihan tubuh baik jasmani maupun rohani (mental). Apabila pikiran terganggu dengan masalah hidup kita maka akan mengganggu ketenangan tidur, membuat kita gelisah dan tidur menjadi tidak nyenyak.

  1. Jangan Mengambil Masalah Orang Lain Untuk Anda Selesaikan

Orang lain memiliki masalah dalam hidupnya. Memiliki sikap membantu orang lain merupakan hal yang mulia.  Dalam membantu menyelesaikan masalah orang lain kita tidak perlu mengambil porsi terbesar untuk menyelesaikan masalah orang tersebut. Kita dapat membantu dalm porsi terkecil, membiarkan orang tersebut yang menyelesaikan masalahnya dengan porsi terbesar.

  1. Jangan Hidup di Masa Lalu

Mungkin terasa nyaman bagi kita mengingat hal-hal yang menyenangkan di masa lalu tetapi jangan anda terlena didalamnya. Konsentrasilah dengan apa yang terjadi saat ini, karena kita pun akan bisa merasakan banyak kebahagiaan di saat ini. Saya yakin kita akan mempunyai perasaan yang jauh lebih berbahagia jika kita merayakan apa yang terjadi saat ini dibanding dengan mengingat-ngingat kebahagiaan di masa lalu.

  1. Jadilah Pendengar yang Baik

Hampton dan Harper (2008:68) mengatakan “mendengarkan dapat mencegah salah paham dalam komunikasi. Segala sesuatu yang dapat mencegah peluang salah paham dalam komunikasi akan membuat kita dan setiap orang disekitar kita bahagia”. Dalam berkomunikasi perlu memiliki  keterampilan. Salah satu keterampilan dalam berkomunikasi adalah menjadi pendengar yang baik. Dengan mendengarkan orang lain, kita akan mendapatkan banyak hal baru yang dapat berguna bagi kebahagiaan hidup kita.

  1. Jangan Biarkan Frustasi Mengatur dan Bahkan Mengacaukan Hidup Anda

Salah satu penyebab orang merasa frustasi adalah kegagalan. Apabila                        terus-menerus memikirkan kegagalan itu membuat kita semakin frustasi. Membangun optimis dan tindakan-tindakan yang positif akan dapat mengatasi frustasi yang kita alami.

  1. Bersyukurlah Selalu

Ucapan syukur yang kita sampaikan kepada Tuhan ternyata membawa dampak positif bagi kita…sikap bersyukur itu bisa kita latih dengan hal-hal yang sangat sederhana dan kecil. Misalnya mulai dari bangun tidur kita bersyukur karena masih diberi napas kehidupan dan kesehatan. Ketika kita makan, kita bersyukur bisa menikmati makanan yang enak dan minuman yang segar (Chan & Saulina, 2009:58). Kita menyadari bahwa hidup ini merupakan anugerah dari Tuhan, yang kita terima, alami, dan rasakan merupakan pemberian dari Tuhan dengan cuma-cuma. Bukan hanya hal yang positif saja yang kita dapatkan tetapi juga hal yang negatif. Kita harus yakin dan percaya bahwa dibalik hal yang negatif tersebut ada hal baik yang bisa kita pelajari.

2.3   Cara-Cara Untuk Memperoleh Kebahagiaan Hidup

Diyantoro menulis dalam blognya dan memaparkan sepuluh cara sederhana untuk memperoleh kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari seperti menerima kenyataan, lebih realistis, kebahagiaan tidak diukur secara materi, yakinlah anda bahagia, tentukan target, cari motivator dan penyemangat, berada di tengah orang-orang yang menyenangkan, lupakan masa lalu, syukuri hal-hal kecil, dan cintai diri sendiri.

  1. Menerima kenyataan

Salah satu cara agar lebih bahagia adalah menerima kenyataan hidup yang terjadi. Kenyataan hidup yang dimaksudkan adalah sesuatu yang tidak dapat dikendalikan. Kematian pasti dialami setiap orang dalam hidupnya. Jika kita menerima kenyataan ini karena kematian orang yang sangat kita cintai, maka kita akan merasa bahagia. Kita dapat menerima dengan akal sehat, dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang, sehingga tidak membuat kita merasa terus bersedih dan kecewa, namun merubah kita untuk merasa bahagia.

  1. Lebih realistis

“Kita selalu menggunakan pemikiran yang realistis dan rasional dalam menghadapi persoalan” (Harjapertama, 2005:36). Menghadapi kesulitan adalah hal yang tak luput dari hidup manusia. Kesulitan yang dialami tidak akan hilang secara instan. Maka dibutuhkan usaha serta selalu berpikir dengan pertimbangan yang matang sebelum mengambil suatu keputusan akan membawa kebahagiaan dalam hidup seseorang.

  1. Kebahagiaan tidak diukur secara materi

Ada ungkapan yang kadang terdengar seperti: banyak materi yang dimiliki namun kebahagiaan hidup tidak dimiliki. Mengejar materi merupakan hal wajar karena untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seringkali kelihatan memiliki banyak materi namun kebahagiaan dalam hidupnya tidak ia rasakan. Oleh karena itu cobalah dengan mengurangi sifat obsesif dalam mengejar materi dan carilah arti kebahagiaan dalam diri sendiri bersama dengan orang-orang yang hidup bersama dengan Anda.

  1. Yakinlah, Anda bahagia

Kekuatan berpikir mempunyai pengaruh yang dahsyat. Dengan memotivasi diri melalui pikiran tentang kebahagiaan akan membawa pengaruh seseorang dalam meraih kebahagiaan. Memberikan sugesti pada diri sendiri dengan mengatakan Saya bahagia, maka Anda akan merasa benar-benar bahagia.

  1. Tentukan target

Dalam kehidupan  kita akan menghadapi hal-hal besar maupun kecil. Oleh karena itu, kita perlu menentukan target akan hal-hal tersebut. Target-target tersebut dapat dicapai dengan mengatur  jangka waktu bagi diri sendiri sehingga dapat terpenuhi.

  1. Cari motivator dan penyemangat

Mencari orang yang dapat memotivasi dan memberi semangat bila mengalami situasi yang tidak menyenangkan. Secara pribadi menentukan orang yang cocok dan dianggap dapat memberi motivasi dan semangat. Dengan demikian kita dapat memperoleh semangat dan hiburan yang dapat membahagiakan hidup Anda dalam melakukan semua hal. Ini merupakan faktor yang berasal dari luar diri seseorang.

  1. Berada di tengah orang-orang yang menyenangkan

Hidup di tengah orang-orang yang menyenangkan mempengaruhi pada lingkungan dan situasi sekitar. Cara ini menggambarkan faktor eksternal,  keterkaitan antara orang lain, lingkungan dan situasi. Ketiganya berpengaruh terhadap suasana (mood) dan semangat seseorang. Orang-orang, lingkungan, dan situasi yang ceria dapat mengurangi mood negatif dan membangkitkan kembali semangat dalam diri.

  1. Lupakan masa lalu

Tiga fase yang dialami dalam hidup adalah masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Apabila di masa lalu mengalami kegagalan sebaiknya dilupakan, menghadapi yang sedang terjadi, serta memperhitungkan target di masa depan. Lebih fokus dan melakukan di saat ini, melupakan masa lalu yang negatif itu, serta menggali sisi positif dalam diri untuk menghadapi yang  sekarang dan menentukan target yang dapat dicapai di masa depan.

  1. Syukuri hal-hal kecil

“Berbahagialah dalam hal-hal kecil dan dalam hal-hal yang menjadi bagian paling biasa dalam hidup Anda” (Hampton dan Harper, 2008:133). Melalui hal-hal kecil yang dialami dapat menghadirkan kebahagiaan hidup, seperti sejuknya angin di pagi hari, melihat matahari terbit, memberi dan menerima senyuman, berjabatan tangan bila bertemu, saling memberi salam, dan lain-lain. Contoh-contoh ini adalah hal-hal yang sering terjadi dalam hidup kita sehari-hari, patutlah kita syukuri sebagai anugerah dalam hidup.

  1. Cintai diri sendiri

“Cinta diri adalah permulaan dari kemampuan mencintai sesama….kalau seseorang tidak mencintai dirinya sendiri mustahillah dia mampu mencintai sesamanya” (Harjapertama, 2005:63). Ukuran untuk mencintai orang lain adalah mencintai diri sendiri. Kita dapat mencintai orang lain seperti kita mencintai diri kita sendiri dengan segala keterbatasan dan kelebihan, karena orang lain pun memiliki keterbatasan dan kelebihan.

  1. 3.      Penutup

Usaha untuk menemukan kebahagiaan hidup dapat dilakukan oleh setiap orang. Orang yang dapat menemukan hidup bahagia dalam hidupnya setiap hari baik untuk dirinya sendiri maupun bersama orang lain berarti ia menyadari akan anugerah hidup yang diberikan oleh Tuhan. Untuk dapat menemukan hidup bahagia dalam kehidupan setiap hari, maka seseorang perlu mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan seseorang menjadi bahagia. Selain itu, seseorang perlu mengetahui dan mengembangkan serta melakukan tips untuk hidup menjadi lebih bahagia dalam kehidupan sehari-hari, dan cara-cara untuk memperoleh kebahagia hidup.

Dengan demikian, hidup bahagia dapat dialami dan dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal yang menjadikan hidup seseorang menjadi bahagia datang melalui hal-hal kecil dan sederhana yang dialami. Dalam hidup, kita mengalami pengalaman dan peristiwa hidup. Pengalaman dan peristiwa itu pasti memberi kesan dan makna hidup yang berarti bagi orang yang mengalaminya. Maka peristiwa dan pengalaman itu harus disadari dan disyukuri, sehingga hidup bahagia menjadi milik setiap orang dalam menjalankan hidupnya masing-masing.

Admin.  2009. 9 Tips Untuk Hidup Lebih Bahagia.  (http://www.akuinginsukses.com/9-tips-untuk-hidup-lebih-bahagia/,  diakses 2 Mei 2012)

(http://10507276.blog.unikom.ac.id/tips-cara.4a3, diakses 2 Mei 2012)

Posted on 17 September 2012, in Makalah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: