Ikhtisar Kompetensi Pedagogik

Sebagai guru, tentunya perlu memahami tentang unsur-unsur dalam kompetensi pedagogik seperti pengelolaan pembelajaran, pengembangan strategi pembelajaran, pengembangan diri secara berkelanjutan, dan pemanfaatan dan refleksi terhadap hasil kerja. Unsur-unsur ini berhubungan dengan diri pribadi guru dan peserta didik. Pemahaman akan unsur-unsur ini, membantu guru untuk meningkatkan pengetahuan pribadi sehingga semakin bertambah dan berkembang kemampuan guru tersebut.

Dimensi-dimensi dalam kompetensi pedagogik adalah: pemahaman wawasan dan landasan pendidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum/ silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi dirinya. Pemahaman tentang dimensi-dimensi kompetensi pedagogik membantu guru untuk meningkatkan pembelajaran di kelas bersama dengan peserta didik. Menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan baik di akhir pelajaran.

Kompetensi Pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi pedagogik berhubungan dengan hal-hal yang dilakukan oleh seorang guru dalam tugas mengajar di kelas. Kompetensi pedagogik lebih menitikberatkan pada pemahaman dan pengetahuan kegiatan pembelajaran yang berhubungan dengan meningkatkan kompetensi akademik (intelektual). Dengan memiliki kemampuan intelektual yang dapat diunggulkan, maka akan bermanfaat bagi perkembangan kemampuan guru secara pribadi maupun untuk pembelajaran bersama peserta didik dalam mengajar maupun mendidik. Oleh karena itu, diharapkan kepada para guru untuk mengembangkan hal-hal yang berhubungan dengan kompetensi pedagogik secara terus-menerus.

Posted on 23 April 2013, in Education Corner. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: