Pengaruh teknologi dalam Pendidikan

Dunia pendidikan sebagai satu bidang kehidupan manusia yang berkembang dewasa ini, tak luput dari adanya perubahan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam dunia pendidikan harus terbuka akan perubahan dan perkembangan ini sehingga dapat membawa pengaruh menuju suatu inovasi yang baru dengan memanfaatkan alat-alat teknologi yang ada dengan sebaik-baiknya. Kemampuan berubah dan menyesuaikan akan perkembangan yang terjadi merupakan hal yang penting dalam dunia pendidikan di Indonesia sehingga dapat berjalan sesuai dengan perkembangan zaman.

            Menghadapi keadaan seperti yang diuraikan di atas, maka guru yang secara langsung berhubungan dengan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di kelas tidak ketinggalan infomasi dan pengetahuan tentang perkembangan teknologi. Dengan mengetahui, guru dapat mengembangkan proses belajar mengajar dengan cara yang baru melalui pemanfaatan teknologi. Teknologi dapat dikembangkan dengan membuat inovasi dalam pengajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang berbeda dari sebelumnya. Guru dapat memanfaatkan teknologi yang ada sebagai media pembelajaran di kelas. Guru tidak berhenti belajar, karena guru yang dapat mengajar zaman sekarang bisa memahami dan mengerti tentang teknologi sehingga dapat mengembangkan media pembelajaran. Menggunakan media pembelajaran yang efektif dapat meningkat semangat, motivasi dan kemauan untuk belajar bagi peserta didik. Dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik perhatian siswa untuk belajar bersama dalam kelas. Penggunaan media pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan tingkat kemampuan siswa sehingga mutu pendidikan dapat ditingkatkan ke yang lebih baik.

            Untuk menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi, dapat disesuaikan dengan situasi dan keadaan sekolah. Umumnya fasilitas harus mendukung, tenaga pengajar yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengoperasikan. Bagi sekolah yang memiliki fasilitas lengkap dan berada di lokasi yang terjangkau seperti kota maka dapat dilakukan dengan baik. Namun sekolah yang tidak memiliki fasilitas serta berada di daerah yang belum tersentuh dengan teknologi akan menjadi sulit dan tidak dapat dikembangkan media pembelajaran yang berbasis teknologi.

Posted on 23 April 2013, in Education Corner. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: