Sistem Pemberian dan Penggunaan Uang Saku

Sistem pemberian uang saku yang dimaksudkan adalah frekuensi atau waktu pemberian uang saku bagi anak. Sistem ini akan merujuk jumlah uang tertentu yang diberikan kepada anak. Waktu pemberian uang saku akan berbeda tergantung kepada orang tua untuk memberi. Ada yang bisa memberi setiap hari, beberapa hari (2–3 hari), mingguan, atau bulanan.

Dari hasil pengamatan dan wawancara beberapa orang yang mewakili, waktu pemberian uang saku lebih banyak diberikan oleh orang tua dengan sistem pemberian harian. Pemberian dengan sistem mingguan dan bulanan mempunyai jumlah yang hampir sama dan lebih sedikit bila dibandingkan dengan sistem harian.

Besarnya uang saku yang diberikan secara harian dengan jumlah antara Rp 15.000,00 – Rp 30.000,00. Untuk beberapa hari (2-3) diberikan dengan jumlah antara Rp35.000,00 – Rp50.000,00. Untuk mingguan, diberikan dengan jumlah antara Rp150.000,00 – Rp200.000,00. Untuk bulanan, diberikan dengan jumlah antara Rp300.000,00 – Rp1.500.000,00.

Pada umumnya, ada perbedaan pemberian jumlah uang saku dari orang tua kepada anak. Hal ini terjadi karena ada pertimbangan dari orang tua terhadap kondisi keuangan  keluarga, hari aktif kuliah dalam seminggu, dan sebagai pengembangan sikap tanggung jawab untuk mengelola keuangan yang diberikan.

Dari uang saku yang diberikan oleh orang tua, penggunaan dari anak adalah untuk kebutuhan rutin dan juga untuk kebutuhan lain yang bersifat hiburan. Uang digunakan untuk makan, membeli jajan, untuk transport baik yang menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi (motor, mobil). Ada juga yang digunakan untuk kegiatan lainnya seperti olahraga bersama teman-teman, jalan-jalan untuk rekreasi bersama yang umumnya dilakukan kurang lebih dua minggu sekali.

Posted on 23 April 2013, in Makalah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: