Sub dan Indikator Kompetensi Pedagogik

Sub Kompetensi Pedagogik dan Indikator Kompetensi Pedagogik

Kompetensi ini terdiri dari lima subkompetensi, yaitu:  memahami peserta didik secara mendalam; merancang pembelajaran, termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran; melaksanakan pembelajaran; merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran; dan mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya (Danim & Khairil, 2011: 32).

Dalam sub-sub kompetensi di atas, dapat dijabarkan dalam indikator-indikator dari setiap sub komptensi.  Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti dan Direktorat Profesi Pendidik Ditjen PMPTK Depdiknas dengan modifikasi menjabarkan indikator-indikator dari setiap kompetensi, seperti yang dikutip oleh Kunandar (2011: 76-77), sebagai berikut:

1.      Memahami peserta didik secara mendalam.

Indikator-indikatornya adalah:

a.       Memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif.

b.      Memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip kepribadian

c.       Mengidentifikasi bekal awal ajar

2.      Merancang pembelajaran, termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran.

Indikator-indikatornya adalah:

a.       Memahami landasan pendidikan

b.      Menerapkan teori belajar dan pembelajaran

c.       Menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang akan dicapai dan materi ajar

d.      Menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih

3.      Melaksanakan pembelajaran.

Indikator-indikatornya adalah:

a.       Menata latar (setting) pembelajaran

b.      Melaksanakan pembelajaran yang kondusif

4.      Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran.

Indikator-indikatornya adalah:

a.       Merancang dan melaksanakan evaluasi (assesment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode.

b.      Menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning).

c.       Memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.

5.      Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya.

Indikator-indikatornya adalah:

a.       Mamfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik

b.      Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi akademik.

c.       Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi nonakademik.

Posted on 23 April 2013, in Education Corner. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: