Catatan sekitar Identitas budaya nasional

Identitas adalah sesuatu yang dinamis, pertemuan dengan identitas yang lain akan memperkaya dapat juga menjadi sebuah ancaman. Kalau kita hanya berusaha untuk menyesuaikan diri kita akan kehilangan identitas kita. Atau  menutup diri itupun tidak akan menyelamatkan kita, karena identitas kita adalah cerminan bagi lingkungan kita. Agar dalam pertemuan identitas kita tidak menderita melainkan bertambah kuat maka kita perlu memenuhi dua hal berikut:

Pertama, identitas kita harus kuat, Indonesia sadar akan identitas nsionalnya sendiri dalam hal kebudayaan itu berarti harus mengenal kebudayaannya dan sejarahnya serta merasa bangga atasnya. Dan mengidentifikasi akan kelemahan-kelemahannya.

Kedua, identitas harus terbuka, dalam arti identitas harus terbuka dengan kebudayaan-kebudayaan lain seperti kebudayaan tekhnologi modern. Peresapan kebudayaan modern akan menghadapkan kita dalam permasalahan hidup; sepertimungkinkah kita akan bergaul akrab, mandiri dan kreatif dengan sains dan teknologi modern tanpa mengembangkan iklim intelektual dan gaya berfikir yang secara historis menjadi asal-usul kebudayaan teknologis modern.

Jadi keyakinan akan diri sendiri, kesadaran harga diri yang kuat, disertai keterbukaan itulah yang dianggap sikap yang memungkinkan Indonesia menjadi bangsa yang modern tampa kehilangan jiwanya sendiri.

Posted on 24 April 2013, in Makalah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: