Ikhtisar Globalisasi dan Budaya

Perkembangan yang pesat terjadi di belahan dunia dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi melahirkan adanya perubahan dalam kehiudpan. Di era globalisasi ini, perkembangan dan perubahan ini sangat dirasakan dalam berbagai aspek kehidupan baik individu maupun kelompok.

Berdasarkan makalah yang kami susun, dapat dilihat bahwa di era globalisasi seperti sekarang membawa dampak bagi kehidupan bangsa dan negara dalam kebudayaan. Dampak yang terjadi dalam kebudayaan dapat dilihat dari sisi positif dan negatif.

Dampak positif membawa pengaruh kebudayaan Indonesia semakin berkembang sesuai dengan perubahan yang terjadi. Perubahan memungkinkan adanya penguatan budaya bangsa yang dapat menyesuaikan dan mengikuti perkembangan zaman tanpa menghilangkan dan mengabaikan budaya yang menjadi warisan sejak dahulu. Dengan perkembangan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi budaya Indonesia dapat dikenal oleh negara lain melalui akses media cetak maupun elektronik.

Dampak negatif memungkinkan akan terpengaruhnya budaya Indonesia terhadap budaya asing yang masuk ke Indonesia. Pengaruh negatif ini menyebabkan nilai-nilai kebudayaan Indonesia yang syarat dengan nilai universal kehidupan dalam masyarakat terabaikan dan tergerus sebagai bangsa yang berbudaya.

Oleh karena itu, sebagai bangsa yang berbudaya hendaknya tetap mempertahankan budaya Indonesia yang telah diwarisi sejak dahulu. Tidak mudah terpengaruh ke hal-hal negatif yang dapat memudarkan nilai budaya. Namun, dengan perkembangan dan perubahan yang terjadi dapat memperkokoh dan memperkuat nilai-nilai budaya yang diwarisi melalui sikap tanggung jawab dalam memanfaatkannya ke hal-hal yang positif demi mempertahankan nilai budaya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Posted on 24 April 2013, in Makalah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: