Migrasi Penduduk

Migrasi merupakan suatu peristiwa perpindahan penduduk, dimana perpindahan itu melewati batas wilayah baik teritorial maupun adminstrasi dengan tujuan menetap. Penduduk berpindah tempat tinggal dari suatu wilayah ke wilayah yang lain. Wilayah yang dituju berupa dalam negeri (kawasan/ wilayah dalam negara sendiri) atau antar negara (luar negeri). Perpindahan penduduk dalam negara sendiri disebut migrasi nasional (internal) dan perpindahan penduduk melewati suatu negara (antar negara) disebut migrasi internasional.

Terjadinya migrasi karena dipengaruhi oleh faktor pendorong dan faktor penarik. Pada umunya kedua faktor ini membawa pengaruh bagi orang untuk melakukan migrasi. Migrasi dapat membawa dampak dalam kehidupan baik berbangsa dan bernegar; bermasyarakat; maupun individu. Dampak yang terjadi berupa positif ataupun negatif. Dampak positif yang terjadi akan mempengaruhi kehidupan berkembang ke arah yang maju. Sedangkan dampak negatif akan dapat menjerumuskan atau merusak tatanan kehudupan.

Dampak yang negatif ini menjadi suatu tantangan dalam kehidupan karena akan mengganggu dan menyebabkan permasalahan dalam hidup. Oleh karena itu, dampak yang terjadi dalam hal negatif seharusnya dapat diatasi dan dicari solusi yang baik, sehingga dapat membantu orang yang terjerumus dalam dampak negatif yang terjadi. Pemerintah mempunyai tanggung jawab dalam memfasilitasi hal ini sehingga tidak membawa pengaruh yang luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai warga negara yang baik, tidak hanya tergantung pada pemerintah untuk mengatasi dampak negatif yang terjadi, namun secara langsung melakukan tindakan nyata dari dalam diri untuk tidak melakukan migrasi serta dapat memberi pemahaman dan pengertian di lingkungan tempat tinggal bagi orang-orang di sekitarnya.

Posted on 24 April 2013, in Makalah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: