Pengertian Migrasi dan Urbanisasi

 

Migrasi merupakan bagian dari mobilitas penduduk. Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain. Mobilitas penduduk ada yang bersifat nonpermanen (sementara) misalnya turisme baik nasional maupun internasional, dan ada pula mobilitas penduduk permanen (menetap). Mobilitas penduduk permanen disebut migrasi. Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain dengan melewati batas negara atau batas administrasi dengan tujuan untuk menetap.

Beberapa pengertian dari migrasi yang saya kutip sebagai berikut :  “Migrasi adalah suatu bentuk gerak penduduk geografis, spasial atau                      teritorial antara unit-unit geografis yang melibatkan perubahan                      tempat tinggal yaitu dari tempat asal ke tempat tujuan” (Rusli, 2012: 136). “Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat yang lain, yang melewati batas politik negara maupun administrasi dengan tujuan untuk menetap” (Singowidjojo, 2004: 60).

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah yang lain, melewati suatu batas politik dan administrasi, baik dalam wilayah negara itu sendiri maupun melewati wilayah negara lain dengan tujuan untuk menetap.

Berikut ini adalah pengertian dari urbanisasi yang saya kutip dari sumber bacaaan (Singowidjojo, 2004: 116):

Urbanisasi adalah:

1)        Proses bertambahnya konsentrasi penduduk di perkotaan dan atau proses perubahan suatu daerah (pedesaan) menjadi perkotaan, baik menurut ukuran-ukuran spasial, lembaga-lembaga sosial, maupun perilaku-perilaku individu, yang disebabkan oleh perubahan adaministrasi daerah, perpindahan penduduk dari desa ke kota, perubahan perilaku dan kegiatan penduduk pedesaan menjadi perilaku dan kegiatan penduduk kota,

2)        Bertambahnya proporsi penduduk yang berdiam di daerah kota yang disebabkan oleh proses perpindahan penduduk ke kota ataupun ke daerah permukiman lainnya yang lebih padat.

 

Dari pengertian di atas, maka urbanisasi merupakan proses perubahan jumlah penduduk yang terjadi di daerah perkotaan akibat perpindahan penduduk dari daerah pedesaan, perubahan perilaku dan kegiatan penduduk di pedesaan maupun penduduk di perkotaan.

Posted on 24 April 2013, in Makalah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: