Variabel Situasional: tuntutan pekerjaan, waktu, lingkungan eksternal

Tuntutan pekerjaan: tugas  yg mengandung instruksi spesifik yg dilaksanakan baik pemimpin maupun pengikut menghendaki gaya kepemimpinan yg berbeda bila dibandingkan dengan tugas tugas yg tidak testruktur. Tugas –tugas yang terstruktur menghendaki perilaku yang berorientasi pada hubungan.

TT/TH: pengikut berkapasitas tinggi yang mengerjakan tugas struktur: perilaku TH/RT: cenderung efektif bagi pengikut berkapasitas tinggi yg mengerjkan tugas terstruktur; TT/ RH: pengikut berkapasitas rendah yang mengerjakan tugas sangat terstruktur. RH/RT sesuai bagi pengikut berkapasitas tinggi yg mengerjakan tugas tidak terstruktur.

Waktu: waktu yang tersedia dl mengambil keputusan. Dalam keadaan darurat pemimpin tidak perlu mengumpulkan karyawan untuk mengumpulkan pendapat, tetapi dgn berorientasi tugas maka pemimipin dapat mengambil keputusan dan menetapkan cara yang terbaik. Apabila waktu bukan menjadi faktor uama maka, ada peluang bagi pemimpin untuk memilih gaya kepemimpinan yg akan diterapkan yang bergantung pada variabel-variabel situasional lainnya, seperti fisik pemimpin, jk.

Lingkungan eksternal: dahulu pengambilan keputusan oleh manajer tidak dipengaruhi oleh lingkungan eksternal. Nanmun dewasa ini, organisasi secara terus-menerus dipengaruhi oleh variabel2 eksternal oleh perubahan2 yang terjadi di masyarakat melalui berbagai cara.

Posted on 25 April 2013, in Makalah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: