Pandangan tentang Pemimpin

Berbicara tentang pemimpin, setiap institusi memiliki pemimpin masing-masing. Secara umum berkaitan dengan istilah kepemimpinan (Leadership). Pemimpin itu sendiri, berhubungan dengan jabatan yang diemban oleh seseorang. Sebutan untuk pemimpin setiap lembaga umumnya berbeda, dapat dilihat dari lembaga atau organisasi yang dipimpin, misalnya: Ketua, Kepala Sekolah, dan Direktur. Dalam kepemimpinannya sebagai seorang pemimpin ia harus unggul dalam berbagai aspek kepemimpinan. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus mengetahui dan dapat menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin dengan baik.

Berikut ini ada beberapa pendapat para ahli mengenai leadership. Menurut Kreiner, Leadership adalah proses mempengaruhi orang lain yang mana seorang pemimpin mengajak anak buahnya secara sukarela berpartisipasi guna mencapai tujuan organisasi. Sedangkan menurut Hersey, ia mengartikan Leadership adalah usaha untuk mempengaruhi individual lain atau kelompok.

Sebagai seorang pemimpin tentunya mempunyai karakteristik. Dalam menjalankan tugasnya, ia berhubungan dengan bawahan dan pihak lain yang terkait baik secara intern maupun ekstern. Seorang pemimpin harus memiliki sikap, tindakan, tutur kata, sifat yang baik diantaranya seperti memiliki integritas (integrity).

Salah satu lembaga yang dikenal adalah sekolah, baik swasta maupun negeri (pemerintah). Setiap sekolah mempunyai pemimpin yang biasa disebut dengan Kepala Sekolah. Kepala Sekolah adalah jabatan. Dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pemimpin sekolah, maka ia akan berhubungan dengan wakil kepala sekolah, para pegawai di sekolah, para orang tua/wali murid, siswa-siswi, dan pihak-pihak lain di luar linkungan sekolahnya. Sebagai seorang pemimpin sekolah, seperti yang telah dikemukakan di atas, maka ia harus memiliki integritas (integrity). Sebagai pemimpin sekolah maka ia akan menjadi teladan bagi orang lain, terutama orang-orang yang dapat berhubungan langsung dengannya di sekolah. Memiliki integritas yang baik sebagai pemimpin sekolah harus menjadi keunggulan dalam kepemimpinannya sehingga ia dapat menjadi panutan bagi orang lain terutama mereka yang berada di lingkungan sekolah. Dengan integritas yang dimiliki dapat membawa kemajuan dan kesuksesan dalam kepemimpinannya, baik bagi lembaga maupun pribadi-pribadi yang terlibat di dalamnya.

Pemimpin di sekolah, dapat ditinjau dari segi jabatan dan dalam menjalankan tugas sebagai guru. Dari segi jabatan pemimpin di sekolah adalah Kepala Sekolah, sedangkan guru yang bertugas mengajar dapat disebut pemimpin sekolah. Maka dalam menjalankan tugas-tugas yang diembannya, pemimpin itu sendiri harus memiliki integritas dalam kepemimpinannya.

Posted on 26 April 2013, in Makalah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: