Hak dan Kewajiban Warga Negara

Hak dan Kewajiban warga Negara diatur dalam UUD 1945. Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri. Kewajiban adalah sesuatu yg dilakukan dengan tanggung jawab.

Hak warga Negara yang diatur dalam UUD 1945 adalah:

1.      Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak, pasal 27 ayat 2 yaitu: Tiap-tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

2.      Hak membela Negara, pasal 27 ayat 2 berbunyi setiap werga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara.

3.      Hak berpendapat, pasal 28 berbunyi kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang.

4.      Hak kemerdekaan memeluk agama, pasal 29 ayat 1 dan 2.

Ayat 1 berbunyi Negara berdasrkan atas Ketuhanan yang Maha Esa.

Ayat 2 berbunyi Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk utnuk memluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agam dan kepercayaannya itu.

5.      Hak dan Kewajiban dalam membela Negara, pasal 30 ayat 1 bebunyi Tiap-tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara.

6.      Hak untuk mendapatkan pengajaran, pasal 31 ayat 1dan 2. Ayat 1 berbunyi tiap-tiap warga Negara berhak mendaptkan pengajaran, adapun dalam ayat 2 dijelaskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu system pengajaran nasional yang diatur dengan UU1945.

7.      Hak untuk mengembangkan dan memajukan kebudayaan nasional Indonesia, pasl 32 ayat 1 berbunyi Negara memajukan kebudayaan Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.

8.      Hak ekonomi atau hak untuk mendapatkan kesejahteraan sosial, pasal 33 ayat 1, 2, 3, 4, dan 5.

Ayat 1 berbunyi:

Perekonomian disusun sebagi usaha bersama atas asas kekluargaan.

Ayat 2 berbunyi:

Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara damn yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.

Ayat 3 berbunyi:

Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat.

Ayat 4 berbunyi:

Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi keadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.

Ayat 5 berbunyi:

Ketentuan lebih lanjnut mengenai pasl ini diatur dalm undang-undang.

9.      Hak mendapatkan jaminan keadilan social, pasal 34 berbunyi: fakir-miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara.

 

 

Kewajiban warga Negara yang diatur dalam UUD 1945 adalah:

1.      Kewajiban menaati hukum dan pemerintahan, pasl 27 ayat 1 berbunyi: segala warga Negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hokum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.

2.      Kewajiban membela Negara, pasl 27 ayat 3 berbunyi setiap warga negara berhak dan wajib ikut seta dalam upaya pembelaan Negara.

3.      Kewajiban dalam upaya pertahanan Negara, pasal 30 ayat 1 berbunyi: Tiap-tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara.

Sebagaimana yang telah diatur oleh UUD 1945 maka sebagai kita harus melaksanakan hak dan kewajiban kita sebagai warga negara dengan tertib yang meliputi:

1.      Hak dan kewajiban dalam bidang politik;

2.      Hak dan kewajiban dalam bidang sosial budaya;

3.      Hak dan kewajiban dalam bidang hankam;dan

4.      Hak dan kewajiban dalam bidang ekonomi.

Posted on 6 Mei 2013, in Makalah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: