Narkoba, oh Narkoba…….

Masyarakat tidak merasa asing bila berbicara tentang narkoba. Asumsi bagi masyarakat adalah narkoba merupakan barang yang berbahaya bila digunakan. Asumsi ini didasari oleh penyalahgunaan dan peredaran narkoba di masyarakat sehingga kesan masyarakat ini menjadi sulit untuk diubah. Namun bila dikaji dalam ilmunya, narkoba bukan menjadi barang berbahaya tetapi dapat berguna dalam bidang kesehatan. Apabila narkoba dimanfaatkan dengan benar oleh dokter untuk pasiennya maka narkoba menjadi barang yang berguna. Praktek dokter ini sangat jarang didengar oleh masyarakat. Pada zaman ini, narkoba disalahgunakan sehingga mengakibatkan dampak yang buruk. Tetapi apabila digunakan oleh dokter dengan ukuran (dosis) yang sesuai akan berguna dan bermanfaat untuk pasien.

Narkoba memiliki jenis yang bermacam-macam. Dalam penyalahgunaan dan peredaran luas di masyarakat terdapat beberapa jenis. Masalah yang dihadapi adalah penyalahgunaan narkoba yang berlebihan yang melibatkan pihak yang tidak bertanggung jawab dalam peredarannya. Kurangnya pengetahuan dan kesadaran diri menyebabkan orang terjerumus dalam menggunakan narkoba secara tidak benar. Narkoba dapat berdampak negatif bagi seseorang apabila digunakan secara berlebihan dan tidak benar. Dampak yang  terjadi baik secara langsung atau tidak langsung yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik seseorang yang berhubungan dengan sistem saraf tubuh dan organ-organ dalam tubuh. Dampak yang terjadi lainnya adalah dapat menyebabkan terserangnya penyakit yang terjadi secara langsung atau tidak langsung yang akhirnya dapat menyebabkan kematian bagi seseorang.

Upaya untuk mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkoba yang membawa dampak negatif sangat perlu dilakukan. Melalui pendidikan baik formal maupun nonformal sudah dapat dikenalkan tentang dampak negatif dari penggunaan narkoba yang berlebihan dan tidak benar. Di rumah, di sekolah, dan lingkungan masyarakat dapat menggalakan upaya yang benar untuk mencegahnya, dengan usaha dan cara masing-masing yang mudah dilakukan.

Posted on 9 Mei 2013, in Makalah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: