Pengertian Narkoba dan Penyalahgunaan Narkoba

Partodiharjo (2010: 8) mengemukakan pandangan tentang pengertian narkoba bahwa kepanjangan narkoba yang populer namun keliru adalah “narkotika dan obat berbahaya”. Yang benar narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif.

Dari pengertian tersebut di atas, maka mengandung makna bahwa narkoba bukannya sesuatu yang tidak baik tetapi yang menyebabkan orang berkesimpulan tentang narkoba menjadi hal yang tidak baik adalah ketika orang menyalahgunakannya. Dapat dilihat bahwa banyak jenis narkotika dan psikotropika memberi manfaat bila digunakan dengan baik dan benar dalam bidang kedokteran karena dapat menyembuhkan dan mengakhiri penderitaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa narkoba tidak selalu berdampak buruk, yang kita diperangi bukan narkoba, melainkan sikap penyelahgunaannya.

Badan Nasional Narkotika Republik Indonesia (2004: 9) mendefinisikan penyalahgunaan narkoba adalah penggunaan narkoba di luar keperluan medis, tanpa pengawasan dokter dan merupakan perbuatan melanggar hukum (Pasal 59, Undang-undang Nomor 5, Tahun 1997, tentang Psikotropika dan Pasal 84, 85, dan 86, Undang-undang Nomor 22, Tahun 1997, tentang Narkotika).

Posted on 9 Mei 2013, in Makalah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: