Cara Pencegahan Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba

Langkah yang paling tepat untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba lebih meluas adalah melihat kepedulian orang tua, pendidik, dan segenap anggota masyarakat secara terpadu (Karsono, 2004: 69). Langkah untuk mencegah adanya penyalahgunaan narkoba berdasarkan pandangan di atas meliputi tiga lingkungan di mana seseorang memperoleh pendidikan baik formal maupun nonformal yaitu lingkungan rumah, lingkungan sekolah, dan lingkungan sosial kemasyarakatan.

Lingkungan rumah yang menjadi awal seseorang untuk menerima pendidikan yang bersifat nonformal memiliki peran dalam membentuk dan mendidik seseorang. Sikap dan nilai-nilai dalam hidup mulai diperkenalkan oleh orang tua dan anggota keluarga yang lain. Sikap dan nilai-nilai yang baik dikenalkan untuk dilakukan dan yang tidak baik diajarkan untuk tidak dilakukan. Ini menandakan bahwa kehidupan dalam rumah memiliki peran untuk membentuk sikap dan nilai dalam diri seseorang. Di rumah seseorang diperkenalkan nilai-nilai positif dalam hidup dan disadarkan untuk tidak melakukan hal-hal negatif seperti menggunakan narkoba yang dapat mengakibatkan dampak yang buruk bagi diri sendiri.

Di lingkungan sekolah seseorang mulai diajarkan pengetahuan, pembentukkan sikap dan nilai. Melalui pembelajaran di kelas dengan penjabaran dalam mata pelajaran-mata pelajaran maka hubungan antara pengetahuan yang diajarkan dengan pengenalan sikap dan nilai hidup menjadi acuan bagi guru untuk mengajar di kelas. Guru dapat mengembangkan kreativitas dalam mengajar. Mata pelajaran yang diajarkan bukan hanya mengajarkan pengetahuan (ilmu) tetapi dapat menghubungkan jenis pelajaran yang diajarkan dengan sikap dan nilai hidup yang dapat dikaitkan dalam materi pelajaran tersebut. Memasukan norma-norma hidup melalui materi pelajaran seperti masalah yang berkaitan dengan narkoba diharapkan dapat menyadarkan peserta didik untuk tidak melakukan dan terpengaruh dari orang lain untuk menggunakan narkoba.

Lingkungan sosial masyarakat sangat luas jangkauannya dan mempunyai situasi dan keadaan yang berbeda-beda. Ketika seseorang berada di lingkungan tersebut, maka ada reaksi dirinya terhadap situasi dan keadaan yang dihadapi. Reaksi diri akan ditunjukkan dengan sikap menolak atau menerima. Dua keadaan yang hadapi adalah situasi yang baik maupun situasi yang kurang baik. Keadaan yang baik akan menuntun orang untuk semakin bertumbuh dan berkembang dalam hidupnya. Menghadapi keadaan yang kurang baik, maka alternatif pilihan untuk memilih menghindari maupun menjauhkan atau terjebak untuk melakukan yang kurang baik itu sehingga dapat merusak dan merugikan dirinya di masa yang akan datang. Dalam kehidupan bersama di lingkungan masyarakat, narkoba harus dicegah dan berusaha tidak melibatkan diri didalamnya karena membawa dampak negatif baik bagi diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya.

Posted on 10 Mei 2013, in Makalah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: