Perkembangan Peserta Didik, Karakteristik Perkembangan Bahasa Remaja

Karakteristik Perkembangan Bahasa Remaja

Bahasa remaja adalah bahasa yang telah berkembang. Bahasa remaja dipengaruhi oleh lingkungan pergaulan. Lingkungan pergaulan remaja dimulai dari bahasa sehari-hari (di rumah), kemudian berkembang secara bertahap yaitu di lingkungan masyarakat dan sekolah. Hal tersebut berpengaruh terhadap bahasa remaja, yang mulanya perbendaharaan bahasanya sedikit dan sederhana menjadi kaya akan berbahasa karena bahasa-bahasa yang diperoleh dari luar.

Pekembangan bahasa remaja dilengkapi dan diperkaya oleh lingkungan masyarakat di mana mereka tinggal. Hal ini berarti proses pembentukan kepribadian yang dihasilkan dari pergaulan dengan masyarakat sekitar akan memberi ciri khusus dalam prilaku berbahasa. Berkenaan dengan kehidupannya di dalam masyarakat luas, anak (remaja) mengikuti proses belajar di sekolah. Sebagaimana di ketahui, di lembaga pendidikan diberikan rangsangan yang terarah sesuai dengan kaidah-kaidah yang benar. Proses pendidikan bukan memperluas dan memperdalam cakrawala ilmu pengetahuan semata tetapi juga secara berencana merekayasa perkembangan sistem budaya, termasuk perilaku berbahasa. istilah “baceman” di kalangan pelajar yang dimaksudkan adalah bocoran soal ulangan atau tes. Bahasa “prokem” tercipta secara khusus untuk kepentingan khusus pula.

Pengaruh lingkungan yang berbeda antara keluarga, masyarakatdan sekolah dalam perkembangan bahasa, akan menyebabkan perbedaan antara anak yang satu dengan yang lain. Hali ini ditunjukkan oleh pemilihan dan penggunaan kosa kata sesuai dengan tingkat sosial keluarganya. Keluarga dari lapisan masyarakat lapisan berpendidikan rendah atau buta huruf dan  banyak menggunakan bahasa pasar, bahasa sembarangan, dengan istilah-istilah yang “kasar”. Masyarakat terdidik yang pada umumnya memeiliki status sosial lebih baik, akan menggunakan istilah-istilah lebih efektif dan umumnya anak-anak remajanya juga berbahasa secara lebih baik.

Posted on 14 Mei 2013, in Education Corner. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: