Perkembangan Peserta Didik, Pengaruh Perkembangan Kemampuan Berbahasa terhadap Kemampuan Berfikir

Pengaruh Perkembangan Kemampuan Berbahasa terhadap Kemampuan Berfikir

Perkembangan kemampuan berbahasa dipengaruhi oleh kemampuan berfikir, sebaliknya kemampuan berpikir dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa. Kemampuan berpikir seseorang yang tergolong rendah akan mempengaruhi perkembangan kemampuan berbahasa yang mengalami kesulitan. Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir yang tinggi akan memudahkannya untuk berbahasa yang baik, logis, dan sistematis. Kemampuan berfikir yang rendah mengakibatkan seseorang untuk sulit berkomunikasi, sebaliknya seseorang yang memiliki kemampuan berpikir tinggi akan memudahkan menjalin komunikasi.

Dalam hidup bersosial, seseorang menjalin relasi dengan orang lain. Hubungan dengan orang lain dapat berjalan baik melalui bahasa yang digunakan. Ide dan gagasan yang disampaikan dapat diterima dengan baik melalui proses berpikir. Ketidaktepatan menangkap arti bahasa yang disampaikan mengakibatkan kekaburan pandangan sehingga proses berpikir menjadi tidak benar. Kemampuan berfikir bisa berdampak pada cara bersosialisasi kita dengan lingkungan tempat tinggal atau dengan orang lain. Bersosialisasi dengan orang lain kita dapat belajar banyak bahasa yang digunakan dan dapat memperoleh ungkapan, gagasan baru yang belum kita ketahui. Ketidaktepatan dan kekaburan dalam berkomunikasi dapat disebabkan oleh kekurangmampuan seseorang.

Kemampuan bahasa berhubungan erat dengan kemampuan berpikir, keduanya mempunyai korelasi tinggi. Dengan hasil tes IQ kita dapat mengetahui perbedaan individual anak. Nilai IQ yang diperoleh menggambarkan kemampuan mereka dalam bahasa bervariasi sesuai dengan kemampuan mereka berpikir.

Posted on 14 Mei 2013, in Education Corner. Bookmark the permalink. Meninggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: