Perkembangan Peserta Didik, Perbedaan Individual dalam Kemampuan dan Perkembangan Bahasa

Perbedaan Individual dalam Kemampuan dan Perkembangan Bahasa

Setiap individu mempunyai ciri khas yang unik berbeda dengan individu yang lain. Oleh karena itu, antara individu yang satu dengan yang lain tidak dapat disamakan. Dalam sebuah kelompok terdapat perbedaan individual (individual differences), yaitu perbedaan kemampuan kognitif, kepribadian, keterampilan fisik, dan sebagainya (Jeanne Ellis Ormrod, 2009;207).

Tiga sumber perbedaan individual yang mempengaruhi kemampuan siswa adalah inteligensi, gaya kognitif, dan disposisi (Jeanne Ellis Ormrod, 2009;207).

Inteligensi (kecerdasan) adalah kemampuan seseorang memecahkan masalah, atau menciptakan produk yang dapat diterima oleh masyarakat. Dalam hal ini, siswa mempunyai pola yang berbeda dalam bidang kecerdasannya. Siswa yang memiliki pengetahuan yang luas mengenai lingkungannya dan tugas-tugas yang harus dikerjakan, semakin besar kemungkinan bagi mereka memiliki kecerdasan inteligensi yang tinggi. Inteligensi itu sendiri tidak bersifat permanen atau merupakan karateristik yang tidak berubah, melainkan dapat berkembang melalui pengalaman dan proses belajar. Gaya kognitif (cognitive style)  yaitu cara-cara yang digunakan untuk menangani tugas-tugas dan memikirkan topik-topik yang diberikan. Siswa yang memiliki tingkat inteligensi yang sama seringkali menyelesaikan, menangani, dan memikirkan tugas-tugas maupun topik-topik yang diberikan dengan cara yang berbeda. Disposisi (dispositions) adalah kemauan dan keinginan dengan mengerahkan segala upaya yang dipilih untuk menyelesaikan tugas, menguasai suatu topik atau materi. Menurut Stanovich, 1999 (dalam Jeanne Ellis Ormrod, 2008:225), disposisi memiliki suatu komponen motivasional-suatu kualitas saya-ingin-mengerjakannya dengan cara ini.

Posted on 14 Mei 2013, in Education Corner. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: