Perkembangan Peserta Didik, Perkembangan Bahasa

Pengertian Perkembangan Bahasa

Sesuai dengan fungsinya, bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh seseorang dalam pergaulannya atau hubungannya dengan orang lain. Lingkungan pergaulan di keluarga, di sekolah, dan di tempat umum di mana seseorang berada bahasa menjadi sarana untuk berkomunikasi. Relasi dengan orang lain dapat terjalin melalui bahasa. Komunikasi dan relasi dengan orang lain berjalan baik apabila seseorang berbahasa dengan benar dan efektif, dapat dimengerti oleh orang lain.

Pengertian lain dari bahasa adalah kegiatan mental yang sangat esensial bagi manusia (Tony Settiabudi & Hardywinoto, 2002;7). Dengan bahasa dapat menghasilkan ucapan, tulisan, dan bacaan. Komunikasi dapat terjalin antar manusia melalui bahasa.

Mempelajari perkembangan bahasa akan berhubungan dan berkaitan dengan  perkembangan kognitif. Faktor intelek/kognisi mempengaruhi perkembangan kemampuan berbahasa. Usia  bayi dengan tingkat intelektualnya belum berkembang dan masih sangat sederhana. Bayi yang semakin bertumbuh dan berkembang serta mulai mampu mengenal dan memahami lingkungan maka kemampuan bahasa mulai berkembang dari tingkat yang sederhana menuju ke bahasa yang kompleks.

Posted on 14 Mei 2013, in Education Corner. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: